Rilis Kegiatan FIP Mengabdi 2021

FIP Mengabdi merupakan sebuah program kerja yang dinaungi oleh Departemen Sosial dan Politik Badan Eksekutif Mahasiwa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (BEM FIP UNJ) periode 2021 yang terdiri dari 3 rangkaian kegiatan, yaitu kegiatan Webinar FIP Mengabdi, Briefing FIP Mengabdi, dan acara puncak (pass) FIP Mengabdi yang dilaksanakan di kampung Cibeling, Cikaracak, Bogor, Jawa Barat.

Pada tahun ini, FIP Mengabdi 2021 mengusung tema “Rekonstruksi Peradaban Di Masa Pandemi”. Dari tema inilah, diharapkan para panitia maupun relawan FIP Mengabdi ini dapat memulai lagi pengalaman pengabdian kepada masyarakat di masa pandemi. Tak hanya itu, harapan kami sejatinya untuk berkontribusi penuh dalam kegiatan pengabdian yang akan memberikan dampak baik bagi masyarakat di kampung Cibeling.

Rangkaian acara FIP Mengabdi 2021 dimulai dari tanggal 6 November 2021 yang diawali dengan adanya Webinar Pengabdian. Kegiatan webinar pengabdian ini dimulai pada pukul 09.00 dan selesai pada pukul 12.00. Pada rangkaian webinar pengabdian turut dihadiri oleh sejumlah tokoh, salah satunya yaitu DR. Dirgantara Wicaksono, CH. CHT, NLP, S.Pd, M.PD, MM. Beliau merupakan aktivis sosial serta CEO Guru Youtuber yang aktif dalam membina peradaban di Negeri ini. Kegiatan webinar pengabdian berjalan dengan lancar dan diikuti dengan antusias dengan para peserta webinar pengabdian. Dilanjutkan dengan tanggal 7 November 2021, rangkaian FIP Meengabdi 2021 selanjutnya yaitu briefing dan sosialisasi FIP Mengabdi yang diikuti oleh para panitia dan juga para relawan. Kegiatan ini dilaksanakan di kampus A UNJ pada pukul 10.00 sampai pukul 16.00. Kegiatan briefing dan sosialisasi FIP Mengabdi diisi dengan rangkaian acara perkenalan seluruh panitia dan relawan, briefing per bidang kegiatan untuk di hari H pengabdian, serta sosialisasi barang bawaan yang akan dibawa di hari H pengabdian. Tak lupa juga kami mempersiapkan segala barang dan alat-alat yang akan kami bawa ke tempat pengabdian.

Pada tanggal 12 November 2021 kami berangkat dari kampus A UNJ menuju kampung Cibeling, Cikaracak, Bogor, Jawa Barat untuk melaksanakan kegiatan puncak pengabdian, yang dimulai pada tanggal 12 – 14 November 2021.

Di acara puncak FIP Mengabdi 2021, ada beberapa kegiatan yang kami jalani diantaranya yaitu pengajaran, penyuluhan dan layanan kesehatan, pembuatan mural, bazaar pakaian murah, pembuatan pojok baca, bakti sosial (pemberian sembako dan santunan anak yatim & dhuafa), nonton bareng, kerja bakti, serta penanaman dan pemberian bibit pohon kepada masyarakat sekitar. Berikut ini adalah gambaran kegiatan yang telah kami jalani selama pengabdian di kampung Cibeling.

Pengajaran

Pada kegiatan pengajaran ini terdapat 2 kegiatan, diantaranya adalah pengajaran kepada anak-anak di kampung Cibeling dan kegiatan pembuatan baju dengan teknik tie dye. Di awal pengajaran, kami terkendala dengan partisipasi anak-anaknya yang cukup sulit untuk dikumpulkan, sehingga harus menjemput mereka satu persatu ke rumah mereka. Hal itu membuat kami sedikit kewalahan kesana-kemari mengajak anak-anak untuk ke sekolah. Tetapi dari situ kami belajar arti kesabaran dan keikhlasan, untuk menjadi guru yang baik, harus aware kepada murid-muridnya. Pada akhirnya sejumlah 20 orang anak terkumpul juga, dan kami memulai pengajaran di sekolah lantai 2.

Setelah pengajaran usai, kami mengajak anak-anak untuk membuat tie dye bersama menggunakan media kaos putih. Ternyata animo dari anak-anak sangat antusias, mereka mengikat dan mewarnai sendiri dengan wantex baju yang telah diberikan kepada mereka. Setelah selesai diwarnai dengan wantex, baju itu pun di jemur di bawah sinar matahari. Terlihat dari sorot mata anak-anak terlihat tidak sabar untuk memakai baju tie dye nya. Selesai pembuatan tie dye, anak-anak melakukan ice breaking dengan teman-teman dibidang pengajaran di lapangan sekolah. Canda tawa mereka yang membuat kami melupakan segala lelah yang kami lalui.

Penyuluhan kesehatan

Menjaga kesehatan di usia muda merupakan investasi sederhana. Investasi tidak selalu berbentuk uang, investasi juga bisa dimulai dari tubuh sendiri. Jika tubuh sehat, maka akan punya banyak waktu untuk membangun mimpinya. Dalam bidang kesehatan terdapat kegiatan penyuluhan dengan tema “Pentingnya Menjaga Kesehatan Sejak Usia Muda”. Dalam pelaksanaannya FIP Mengabdi 2021 bekerja sama dengan Human Initiative. Kegiatan ini diselenggarakan di kampung Cibeling dengan tujuan melakukan pembinaan dan memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan sejak usia muda serta agar masyarakat khususnya masyarakat di usia muda peduli terhadap kesehatan sejak usia muda.

Kegiatan dilaksanakan di lantai 1 SMP Cikaracak pada hari Sabtu, 13 November 2021. Kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB dan selesai pukul 15.00 WIB. Alhamdulillah kegiatan penyuluhan kesehatan berjalan dengan lancar berkat Ridho Allah dan semua pihak yang terlibat.

Layanan kesehatan

Kegiatan layanan kesehatan pada FIP Mengabdi dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 November 2021 pukul 13.45. Pada layanan kesehatan kali ini kami bekerjasama dengan ACT kota Bogor. Di dalam layanan kesehatan ini, kami memberikan pelayan kesehatan dengan mendatangkan dokter atau perawat dan menyiapkan alat-alat yang di butuhkan untuk pengecekan kesehatan ini. Target awal kami sebenarnya, sekitar 30 orang dengan usia 40 tahun ke atas. Namun karena partisipasi warga yang cukup tinggi, sehingga menjadi 40 orang dengan usia ada yang di bawah 40 tahun. Kami bersyukur membawa alat pengecekan kesehatan yang lebih dari target, sehingga hal tersebut dapat di atasi.

Sebelum memulai pengecekan kesehatan masyarakat kami membagi jobdesk seperti, mengecek suhu tubuh warga menggunakan termogun, membagikan masker untuk warga yang tidak memakai atau membawa masker, lalu menjaga presensi warga dan meminta foto copy KTP warga untuk menjadi persyaratan yang akan kami berikan ke pihak ACT. Dari pihak ACT Bogor juga memberikan beras gratis kepada warga yang telah memeriksakan kesehatan kepada kami. Hambatan dari program layanan kesehatan ini adalah antusias masyarakat yang cukup tinggi sehingga lonjakan target terjadi pada saat pendaftaran, namun dapat diatasi dengan baik oleh panitia, relawan serta pihak ACT.

Tak hanya itu, pihak ACT pun menawarkan program “sedekah minyak jelantah”. Yang dimana tiap warga yang membawa satu botol minyak jelantah, dapat ditukarkan dengan 1 kilogram beras. Sehingga warga dapat merasakan kebermanfaatannya.

Pembuatan mural

Pelaksanaan mural dilaksanakan sejak hari Sabtu, 13 November 2021. Pengerjaan dimulai dengan menggambar sketsa terlebih dahulu menggunakan kapur warna pada dinding pertama. Setelah semua sketsa selesai digambar, anggota mural mempersiapkan pewarnaan. Setelah pewarnaan selesai, anggota mural mewarnai gambar. Mewarna gambar disini bisa mewarnai sketsa maupun dinding/tembok. Di dalam proses pengerjaan, banyak revisi pada sketsa maupun warna, sehingga harus merevisi kembali. Setelah dinding pertama sudah mencapai 80%, anggota mural melanjutkan ke dinding kedua.

Setelah tahap pengecatan telah selesai, kami mengajak baik dari panitia, relawan, maupun anak2 sekitar untuk memberikan cap tangannya pada dinding yang telah disediakan. Sebelum menyelesaikan pekerjaan, anggota mural melihat terlebih dahulu apa yang sekira nya masih kurang. Setelah sudah benar-benar jadi, anggota mural membersihkan lantai2 yang terkena noda cat. Dalam pengerjaan mural ini, ada beberapa hambatan seperti beberapa bagian desain gambar yang tidak sesuai dengan desain yang diinginkan sebelumnya, serta akses tempat yang terlalu sempit.

Bazaar pakaian

Pelaksanaan bazaar pakaian dilakukan di lapangan dekat dengan pemukiman warga kampung Cibeling RT. 05. Bazaar pakaian ini ditangani oleh teman-teman dari bendahara dengan bantuan dari panitia yang lain. Pelaksanaan bazaar pakaian sangat disambut oleh antusias warga kampung Cibeling. Dalam waktu yang singkat, sudah banyak pakaian yang habis terjual. Pakaian ini pun berasal dari donasi beberapa pihak, yang nantinya hasil penjualan digunakan untuk pembangunan kampung Cibeling.

Setelah banyak terjual dan hari makin siang, tim bazaar pakaian pun berpindah tempat ke lapangan parkir sekolah untuk memudahkan akses dan komunikasi panitia. Alhamdulillah masih ada beberapa warga yang turut membeli pakaian-pakaian yang tersisa. Saat waktu sudah mulai sore dan mulai gelap, kami pun merapihkan kembali pakaian-pakaian yang tersisa.

Bakti sosial

Program bakti sosial terdiri dari pembagian sembako kepada warga kampung Cibeling yang membutuhkan dan pemberian santunan kepada anak-anak yatim serta kaum dhuafa di Kampung Cibeling RT 05. Teknis pemberian bakti sosial dibantu oleh kepala RT. 05, serta tak luput juga dibantu oleh pihak ACT. Kami menyediakan sebanyak 30 paket sembako yang tersalur dengan baik kepada warga-warga yang membutuhkan.

Setelah kegiatan bakti sosial usai, para panitia dan relawan serta pihak ACT makan bersama di tempat utama. Disini kami duduk dan saling berbagi cerita antar satu sama yang lain. dari makan bersama ini, diharapkan dapat mempererat tali silaturrahim antar panitia, relawan, dan pihak ACT.

Nonton bareng

Di Sabtu malam, setelah selesai shalat Isya para panitia dan relawan bergegas untuk mempersiapkan nonton bareng di SMP-IT Cikaracak. Setelah kami sampai di sekolah, ternyata anak-anak kampung Cibeling sudah ramai berkumpul di sana. Melihat antusias mereka, panitia segera mempersiapkan menyetel film untuk ditonton bersama. Walau di luar hujan besar, tak menyurutkan semangat kami. Tetapi ada beberapa hambatan, yaitu adanya gangguan sinyal serta lampu di sekolah lantai 2 yang mati. Namun, hal itu tidak berdampak banyak dan Alhamdulillah nonton bareng berjalan dengan lancar sampai akhir.

Kerja bakti dan penanaman pohon

Kegiatan kerja bakti pada FIP Mengabdi dilaksanakan pada hari Minggu, 14 November 2021 pukul 06.00 pagi. Kami membagi panitia menjadi beberapa kelompok untuk membersihkan beberapa tempat di sekolah, diantaranya di sekolah ruang lantai 1, ruang lantai 2, dan halaman sekolah. Pada sekolah ruang lantai 1 selain membersihkan ruangan, kami juga meletakkan lemari baru dan merapihkan buku-buku dari donasi yang telah terkumpul. Di sekolah lantai 2, kami berfokus pada kebersihan ruang belajar dan juga penyelesaian mural di dinding samping sekolah. Sedangkan di halaman sekolah, kami membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh sekaligus membersihkan daun-daun kering yang berjatuhan dan juga sampah yang berserakan.

Selain membersihkan rumput dan daun-daun kering, kami juga menanam beberapa bibit pohon di pinggir-pinggir halaman sekolah, ada bibit pohon mahoni, bibit pohon pucuk merah, dan beberapa bibit pohon buah-buahan. Untuk bibit pohon yang masih tersisa, kami serahkan kepada kepala RT setempat untuk dibagikan kepada masyarakat.

Secara keseluruhan kegiatan FIP Mengabdi 2021 ini telah sukses dilakukan, walau masih adanya beberapa kekurangan. Namun perjalanan pengabdian FIP Mengabdi 2021 akan tetap berjalan, mengingat masih ada beberapa donasi yang baru dikirimkan kepada kami setelah kami selesai pengabdian di tanggal 14 November. Semoga pengabdian yang kami torehkan pada kampung Cibeling memberikan dampak yang baik untuk masyarakat dan lingkungan di sana. Aamiin.

Demikian rilis kegiatan ini kami sampaikan. Terima kasih kepada seluruh panitia, relawan, dan pengawas FIP Mengabdi 2021 yang telah berjuang dan berusaha memberikan yang terbaik, serta donatur sponsor, dan stakeholder dalam acara FIP Mengabdi 2021 yang telah ikut berpartisipasi aktif dan membantu melancarkan agenda ini.

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan FIP Mengabdi 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.