Menyambut Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 2019

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau yang biasa dikenal dengan PKKMB adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan seputar dunia kampus dan civitas akademik kepada mahasiswa baru. Di Fakultas Ilmu Pendidikan sendiri, kegiatan PKKMB ini terdiri dari beberapa rangkaian.

Rangkaian PKKMB FIP diawali dengan pembekalan pada tanggal 17 Agustus 2019 bertempat di Aula Latief Hendradiningrat. Acara ini dimulai pukul 13.00 WIB yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru dan panitia PKKMB FIP 2019. Isi kegiatan dari pembekalan ini yaitu perkenalan panitia PKKMB FIP 2019, sosialisasi TIPE (Tim Pengawas dan Evaluasi), dan perkenalan UNDERBOW BEM UNJ yang meliputi Forum Ketua Angkatan (FKA), Community  Development (Comdev) UNJ, Forum Perempuan (FP), Green Force (GF), dan Tim Pembela Mahasiswa (TPM).

Rangkaian kedua terdapat opening PKKMB yang dilaksanakan secara bersama se-UNJ pada 19 Agustus 2019, acara ini resmi dibuka oleh Plt. Rektor UNJ Prof. Intan Ahmad, Ph.D bertempat di Stadion Atletik Veldrome, Rawamangun, Jakarta Timur, serta dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru UNJ 2019, dan civitas akademika UNJ.

Kegiatan pada acara opening ini diantaranya yaitu penampilan paper mob oleh para mahasiswa baru yang membentuk formasi merah putih dan logo UNJ, kemudian penampilan yel – yel fakultas oleh mahasiswa baru secara bergilir, hingga flash mob dan senam gembira yang dipimpin oleh panitia PKKMB UNJ 2019.

Rangkaian selanjutnya adalah yang menjadi inti dari PKKMB 2019, yaitu Pass PKKMB FIP 2019. Acara ini berlangsung selama 2 hari, pada 20-21 Agustus 2019. Bertempat di Aula Bung Hatta Pascasarjana.

Untuk mengawali kegiatan pada hari itu, mahasiswa baru terlebih dahulu mengikuti FGD (Focus Group Disscussion), dan dilanjut dengan ibadah pagi. Kemudian mahasiswa baru dikondisikan untuk memasuki ruang acara.

Pada pukul 08.56 WIB, acara dibuka oleh MC (Master of Ceremony) dan dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh salah satu mahasiswa baru. Lalu seluruh mahasiswa baru dan panitia bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNJ, dan Totalitas Perjuangan. Kemudian disambung dengan sambutan dari ketua pelaksana PKKMB FIP 2019 yaitu Hendy Irvan Diansyah dari Prodi Pendidikan Khusus 2017, ketua BEM FIP 2019 yaitu Norman Yusuf dari Prodi Teknologi Pendidikan 2016, dan sambutan dari DEKAN FIP oleh Dr. Sofia Hartati, M.Si. Setelah menyampaikan sambutannya, Ibu Dr. Sofia Hartati, M.Si memperkenalkan jajaran pimpinan FIP.

Memasuki pukul 10.00 WIB, berbagai macam materi pun dimulai. Diawali dengan materi Layanan Akademik yang dibawakan oleh Dr. Anan Sutisna, M.Pd, Kiat Sukses di Perguruan Tinggi oleh Eka Wahyuni, MAAPD, dan Kuliah Umum oleh Wakil Ketua BPK RI 2017-2021, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M. B. A. Tentu diselingi penampilan yel-yel oleh mahasiswa baru dari setiap prodi untuk menjaga semangat dari peserta.

Agenda selanjutnya adalah pemilihan kandidat Putra dan Putri Pendidikan 2019 atau yang bisa disebut juga dengan ketua Angkatan FIP. Setelah melalui proses seleksi, terpilihlah masing-masing dua nama pada putra maupun putri, yang kemudian mereka dipersilahkan untuk mempresentasi visi, misi, tujuan, serta kelebihan diri masing-masing untuk meyakinkan mahasiswa baru yakin untuk memilih salah satu dari mereka.

Mengawali hari kedua pass PKKMB FIP 2019, tidak jauh berbeda dengan hari pertama. Seperti mengikuti FGD, ibadah pagi, serta pembukaan oleh MC. Yang membedakan isi kegiatan dengan hari pertama adalah materi.

Materi pertama tentang Pengenalan Nilai Budaya, Etika, dan Karakteristik Mahasiswa UNJ oleh Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons., kedua tentang Berpikir Kritis dan Ilmiah oleh Leliana Lianty, M.Pd., lalu Peran Perguruan Tinggi di Era 4.0 oleh Kunto Imbar, M.Pd. Dan dilanjut dengan sosialisasi Masa Bimbingan FIP (mabim), sosialisasi Mahasiswa berprestasi FIP, dan sosialisasi PMW (Program Mahasiswa Wirausaha). Setelah berbagai sosialisasi dilakukan, acara diisi dengan pemilihan Putra Putri Pendidikan 2019, dan dengan system voting yang melibatkan seluruh mahasiswa baru FIP 2019, terpilihlah Vandia Pratama dari Pendidikan Khusus 2019 dan Fitriani Lestari dari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 2019.

Agenda terakhir di hari kedua pass PKKMB FIP ialah parade dari OPMAWA dan ORMAWA se-FIP. Yang dipandu oleh panitia yang bermain peran sebagai Cimi, selaku maskot PKKMB FIP 2019 dan Gagah, tema dari PKKMB FIP 2019.

Parade dibuka oleh penampilan dari ORMAWA (organisasi mahasiswa) yang ada di FIP, diawali Forum Ide Kita, lalu English Club, kemudian KBKR, dan terakhir Formasi Tarbawi.

Setelah ORMAWA, kini giliran penampilan dari OPMAWA (organisasi pemerintahan mahasiswa), diawali dari Himap Penmas, lau dilanjut oleh Hima Manajemen Pendidikan, BEMP Bimbingan dan Konseling, BEMP Pendidikan Khusus, BEMP PGSD, BEMP PG-PAUD, HMP Teknologi Pendidikan, Badan Perwakilan Mahasiswa, FIP Green Team dan Community Development dan ditutup oleh BEM FIP UNJ beserta aliansi seluruh OPMAWA dan ORMAWA FIP, yang membacakan sumpah mahasiswa Indonesia, dan di sempurnakan dengan menyanyikan lalu totalitas perjuangan.

Penampilan bersama seluruh OPMAWA dan ORMAWA se-FIP sekaligus menjadi penutup pada acara Pass PKKMB FIP tahun ini.

Demikian serangkaian kegiatan PKKMB FIP 2019 yang juga merupakan rangkaian orientasi pada Masa Bimbingan bagi Mahasiswa Baru FIP 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.